Friday, July 9, 2010

Film: I Know What You Did on Facebook mulai tayang pada 15 Juli 2010

Membaca judul film ini (I Know What You Did On Facebook : Fenomena Sosial Media), mengingatkan saya dengan 2 atau 3 film barat beberapa tahun lalu, judulnya hampir sama sih (I Know What You Did Last Summer | I Still Know What You Did Last Summer | I'll Always Know What You Did Last Summer).

Fenomena facebook di Indonesia memang sangat luar biasa. Situs jejaring ini dengan cepat menjadi situs nomor satu di tanah air. Atas dasar inilah Awi Suryadi bersama Alberthiene Endah mencoba mengangkat tema facebook ke layar lebar. Adalah Luna (Fanny Fabriana) yang merasa bimbang dan gelisah karena sang pacar Reno (Edo Borne) tidak pernah bersikap dewasa di usia hubungannya yang sudah hampir tiga tahun.

Di tengah kebimbangan, Luna bertemu Via (Kimmy Jayanti) teman SMP yang juga memiliki masalah yang sama dengan dirinya. Namun bedanya, Via sangat atraktif dan cuek, sangat berbeda dengan karakter Luna yang perfeksionis dan senang dimanja. Hedi (Fikri Ramdhan) yang sangat pendiam dan mudah ditebak membuat Via bosan dengan perlakuan sang pacar.

Lewat sebuah ide gila, Via mengajak Luna untuk saling bertukar pasangan, tapi hanya sebatas dunia maya. Rencana pun berjalan dengan Luna dan Via saling menghapus pacar-pacar mereka dari account facebook masing-masing. Via yang agresif selangkah lebih maju dibandingkan Luna yang sangat hati-hati. Tanpa sepengetahuan Luna, Via menemui Reno dan mulai menjalin hubungan secara diam-diam.

Cerita tidak hanya berkutat diantara Luna, Via, Reno dan Hedi, konflik rumah tangga, dan permasalahan pemuda homoseksual yang diperankan oleh Agastia Kandou juga menambah menarik kisah I Know What You Did on Facebook. Semua permasalahan yang bermuara dari facebook dikemas secara pas dan tidak berlebihan. Pengambilan shot-shot yang dinamis juga menambah menariknya film yang berdurasi 90 menit.

Sang Sutradara Awi Suryadi bersama penulis Alberthiene Endah sepertinya ingin menampilkan sebuah cerita yang sangat realistis dan bisa diterima akal sehat kita. Pesan moral yang ingin disampaikan juga bisa membuat anda lebih bijaksana menggunakan facebook dan memperlakukan pasangan Anda.

Dengan mengusung genre drama komedi romantis, I Know What You Did on Facebook terbukti bisa membuat kita tertawa lepas. Selain itu Awi juga menambahkan sedikit unsur tegang saat adegan fighting antara Kimmy Jayanti dan Fanny Fabriana yang bisa membuat kita menahan napas.

Tertarik? I Know What You Did on Facebook mulai tayang pada 15 Juli 2010. Jangan lupa gunakan fasilitas Remind Me agar tidak ketinggalan. (deri)

http://www.21cineplex.com/slowmotion/i-know-what-you-did-on-facebook-fenomena-sosial-media,1499.htm

No comments:

Post a Comment

Informasi baru