Saturday, May 29, 2010

Hati-hati penipuan online

Tadi lihat di Metro TV ada beberapa artis seperti Jajang C Noor, Butet Kertaredjasa tertipu dengan mengirimkan sejumlah uang, karena menerima pesan dari akun orang yang dikenalnya yang katanya perlu bantuan keuangan.

Satu hal yang positif ternyata kita masih peduli dengan sesama dan sisi negatif untuk jadi pelajaran bersama, kenapa tanpa konfirmasi via sms/phone kita langsung main transfer uang? mungkin kita harus lebih berhati-hati dalam hal uang.

Bagaimana orang lain bisa mengetahui user name dan password kita? mungkin disebabkan orang itu mengirim email berisi url link menuju suatu situs, contoh facebook tetapi yang diemail adalah faceebok, kita tidak teliti langsung klik menuju situs faceebok dan isi username/password facebook, bukankah kita sudah memberikan data pribadi keorang itu? *untuk kejadian yang menimpa Jajang C Noor, Butet Kertaredjasa katanya YM yang kena hack.

Contoh diatas adalah facebook, masih ada twitter dan situs jaringan sosial lainnya, yang semuanya perlu alamat email untuk mendaftar. Saran untuk semua pengguna internet adalah pada saat mendaftar boleh saja pakai ID yang sama tetapi password harus beda, jika ada 1 akun yang masalah, yang lain tetap aman. Usahakan pakai kombinasi huruf dan angka untuk password, karakter minimal 8, catat password di notepad, jangan mengetik password secara langsung disitus, lebih aman paste dari notepad.

Diary-- www.catatanonlen.blogspot.com -- Posted from my Symbian Device

No comments:

Post a Comment

Informasi baru